Apa Itu Root Android

Apa itu root android
Apa Itu Root Android ? - Bagi pengguna baru android yang baru membeli android mungkin masih asing dengan istilah root ini. Banyak sekali pertanyaan pertayaan yang diajukan oleh user baru android ini, yang sering saya baca adalah "Apa Itu Root?" "Apa keuntungan root?" "Bagaimana cara root android?" Dan "Apa apa kerugian root?" Dalam arikel saya kali ini saya akan membahas seputar root dan mudah mudahan bisa menjawab pertanyaan kalian tersebut.

Pada waktu ini banyak sekali pengguna pengguna android yang sudah meng root hp android mereka dengan alasan tertentu. Ada yang meng root hp android mereka karena ingin mengubah tampilan hp mereka, karena mereka masih belum puas dengan tampilan hp mereka. Ada yang meng root hp android mereka karena ingim memindahkan data aplikasi mereka kedalam memori sd karena mereka rasa memori internal yang disediakan oleh pabrik terlalu kecil.

Untuk mengetahui cara cara root android kalian bisa mencari caranya dalam suatu forum android, forum yang saya maksudkan adalah XDA ( Silahkan browsing ) forum ini adalah membahas tentang developer android seperti : cara root android, costom rom, dan cara mengedit tampilan sebuah aplikasi. Sayangnya dalam forum ini bahsa yang digunakan adalah bahasa inggris, sehingga bagi anda yang tidak bisa berbahasa inggris haruslah siap siap membuka google transtale :p

Selain melalui forum tersebut, cara cara root dapat anda dapatkan di suatu perkumpulan atau grup yang ada di facebook. Contohnya jika hp kalian "Samsung galaxy grand prime" cukup tulis saja nama hp tersebut, nanti pasti akan muncul grup yang anda cari. Selanjutnya anda tinggal bergabung dan menunggu persetujuan dari pihak admin. Untuk tambahan jika kalian berminat untuk mengedit tampilan hp kalian, anda juga bisa bergabung di grup "Mediatek Android Dev and Rebord" grup tersebut membahas tentang editing sebuah aplikasi yang difokuskan dalam edit aplikasi bernama systemui dan framework. Grup ini tidak sesuai dengan namanya, entahlah saya juga tidak tahu. Tapi grup ini bukanlah grup yang di khususkan untuk hp android ber chipset mediatek, tetapi dalam pengalaman pribadi saya mengedit aplikasi dari berbagai cara yang di share di grup tersebut, Dengan posisi saya tidak menggunakan chipset mediatek tetapi qualcomm tetap saja masih bekerja, Hanya beberapa saja yang tidak bekerja.

Pengertian Root Android 

Root sama saja dengan meng hack sebuah sistem seperti dengan meng hack sistem dari symbian. Jadi pengguna yang sudah meng root hp android berarti mereka mendapatkan akses penuh dari sebuah sistem tersebut, pengguna bebas untuk memodifikasi sebuah sistem tanpa batas.Untuk keuntungan root android ini adalah seperti yang sudah saya jelaskan, keuntungannya adalah anda bisa memodifikasi sebuah sistem tersebut tanpa ada batasan, Kemudian untuk  kerugiannya adalah menghilangkan garansi android tersebut. Jadi jika kalian tidak mau garansi kalian hangus, jangan berani berani root android kalian :D

Seperti yang sudah saya jelaskan diatas, Cara cara root dapat kalian dapatkan di forum xda dan grup facebook. setiap hanphone dan setiap brand memiliki cara tersendiri, caranya tidaklah sama :)


Baiklah sekian dan terimakasih sudah membaca artikel saya yang berjudul Apa Itu Root Android. Jika ada yang kurang jelas silahkan berkomentar.

0 Response to "Apa Itu Root Android"

Post a Comment